Sistem Manajemen Absensi Dan Tunjangan Daerah

Sistem Manajemen Absensi dan Tunjangan Daerah (e-ATD) merupakan sistem yang dikembang untuk mengelola data absensi dan tunjangan daerah dalam ruang lingkup Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten berdasarkan Peraturan Daerah Tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Kepada Pegawai Negeri Sipil Dan Calon Pegawai Negeri Sipil Lingkup Pemerintahan. Sistem ini akan terintegrasi dengan seluruh mesin finger print yang ada di setiap SKPD untuk memudahkan pengelolaan data absensi. Perhitungan data absensi dan tunjangan daerah yang meliputi keterlambatan, sakit, izin, cuti, tanpa keterangan dan penerimaan jumlah tunjangan daerah telah disesuaikan dengan perhitungan yang ada didalam peraturan Gubernur/Walikota/Bupati.

 

Sistem ini terdiri atas tiga subsistem yaitu Web Base Application, AppServ dan AppMobile. Web Base Application merupakan subsistem utama berbasis web yang dapat diakses
melalui localhost ataupun internet yang diperuntukan untuk mengelola master data, pengaturan dan laporan. Web Base Application terdiri atas beberapa menu/modul yang dapat dikelola secara
dinamis sesuai hak akses yang diberikan. sedangkan AppServ berupa aplikasi pendukung berbasis desktop yang akan dipasang pada komputer SKPD yang terhubung dengan mesin finger
print dimana komputer tersebut harus pula terkoneksi dengan internet. AppServ mendukung seluruh jenis finger print karena subsistem ini hanya mengambil record absensi dari database
mesin finger Print. Untuk AppMobile, merupakan aplikasi tambahan yang diperuntukkan untuk pegawai yang memiliki smartphone bersistem operasi android guna memudahkan dalam
mengakses informasi pemberitahuan, kehadiran, pembayaran tunjangan daerah dan pengiriman pesan antar pegawai.

Alur Kerja Sistem :

  1. Application Service e-ATD disingkat APPSERV e-ATD bertujuan untuk menarik data absensi dari mesin finger print ke Database Pusat melalui Server Lokal SKPD
  2. Server Lokal SKPD merupakan komputer SKPD yang terhubung langsung dengan mesin finger print dan didalamnya telah terinstall aplikasi bawaan dari mesin finger tersebut
  3. APPSERV e-ATD akan diinstall ke seluruh Server Lokal SKPD dimana APPSERV e-ATD tersebut dapat menangani lebih dari satu mesin finger print
  4. Pada APPSERV e-ATD dilakukan pengaturan dengan memasukkan Kode Mesin yang telah didata sebelumnya dan data source untuk setiap mesin yang terhubung