Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIAKAD) Online

1. PENDAHULUAN

 

Teknologi Informasi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat cepat, tingkat pertumbuhan ini di dukung oleh kesadaran masyarakat atas manfaat teknologi informasi diberbagai bidang kehidupan. Teknologi Informasi telah mampu mengintegrasikan nilainilai-nilai yang sebelumnya dianggap mustahil tercapai, diantaranya kecepatan informasi, efisiensi dan efektivitas.

Internet sebagai salah satu instrumennya, tidak bisa dihindari lagi telah menjadi kebutuhan masyarakat dewasa ini. Teknologi Informasi diaplikasikan sebagai basis sistem informasi mulai dari pemerintahan, industri, sekolah, universitas, industri hiburan, LSM, UKM dan lain sebagainya.

Sejalan dengan perkembangan itu, Fortinusa sebagai salah satu perusahaan TI di Indonesia ikut berperan aktif dalam perkembangan industri teknologi informasi di Indonesia dengan memberikan pelayanan Web dan Software Development yang tujuannya untuk mengintegrasikan elemenelemen-elemen informasi yang masih terpisah kedalam susuatu Sistem yang terintegrasi untuk memberikan kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan instansi tersebut tersebut.

Dalam rangka mendukung pengembangan kapasitas institusi berbasis teknologi informasi dan komunikasi, Fortinusa menawarkan Sistem Informasi Akademik berbasis online. Sistem yang akan kami tawarkan, akan memiliki desain sistem yang customizable sehingga implementasi tiap modul aplikasinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

 

 2. PRODUK LAYANAN

 

Sistem Informasi Akademik Fortinusa dibagi dalam 3 paket. Masing masing paket memiliki modul yang Masing-masing dapat disesuaikan dengan kebutuhan perguruan tinggi atau universitas. Untuk detail modul bisa dilihat pada bagian Rancangan Fitur. Berikut:

Paket A:

  1. Manajemen Sistem;
  2. Entri Data Pendukung;
  3. Kurikulum;
  4. Kemahasiswaan;
  5. Registrasi
  6. Mahasiswa;
  7. Portal Akademik;
  8. Awal Semester;
  9. Rencana Studi;
  10. Pengelolaan Peserta Kelas;
  11. Hasil Studi;
  12. Tugas Akhir;
  13. Kelulusan

 

Paket B:

  1. Manajemen Sistem;
  2. Entri Data Pendukung;
  3. Kurikulum;
  4. Kemahasiswaan;
  5. Registrasi Online Mahasiswa Baru
  6. Mahasiswa;
  7. Portal Akademik;
  8. Awal Semester;
  9. Rencana Studi;
  10. Pengelolaan Peserta Kelas;
  11. Hasil Studi;
  12. Tugas Akhir;
  13. Kelulusan;
  14. Laporan;

Paket C:

  1. Manajemen Sistem;
  2. Entri Data Pendukung;
  3. Kurikulum;
  4. Kemahasiswaan;
  5. Registrasi Mahasiswa Online
  6. Mahasiswa;
  7. Portal Akademik;
  8. Awal Semester;
  9. Rencana Studi;
  10. Pengelolaan Peserta Kelas;
  11. Hasil Studi;
  12. Tugas Akhir;
  13. Kelulusan;
  14. Evaluasi;
  15. Laporan;
  16. Laporan DIKTI/EBSBED/FEEDER

 3. RANCANGAN FITUR

1. MASTER DATA

1.1.  Gedung

1.2.  Ruangan

1.3.  Fakultas

1.4.  Prodi

1.5.  Dosen

1.6.  Penilaian Beban Kerja Dosen

1.7.  Kelompok Matakuliah

1.8.  Grade Nilai

1.9.  Tahun Angkatan

1.10.   Range SKS

 

2. PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB)

2.1.  Calon Mahasiswa

2.2.  Hasil Ujian Saringan Masuk

 

3. MAHASISWA

3.1.  Nim

3.2.  Nama

3.3.  Prodi

3.4.  Semester

3.5.  Kelas

3.6.  Status

3.7.  Aksi

 

4. AKADEMIK

4.1.  Tahun Akadmeik

4.2.  Matakuliah

4.3.  Kurikulum

4.4.  Jadwal kuliah

4.5.  Jadwal mahasiswa

4.6.  Atur jadwal kuliah harian

4.7.  Registrasi

4.8.  Kartu rencana studi

4.9.  KRS dan Nilai Manual

4.10.   Konversi mahasiswa transfer

4.11.   Jadwal Ujian Tengah Semester (UTS)

4.12.   Jadwal Ujian Akhir Semester (UAS)

4.13.   Nilai

4.14.   Kartu Hasil Studi (KHS)

4.15.   Absensi

4.16.   Mahasiswa Cuti

4.17.   Skripsi/Karya Ilmiah

4.18.   Penerima Ijazah

4.19.   Mahasiswa Lulus/Keluar

4.20.   Sinkronisasi Feeder

 

5. KEUANGAN

5.1.  Pemayaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

5.2.  Pembayaran Kuliah

5.3.  Jenis Pembayaran

5.4.  Biaya Kuliah Prodi

5.5.  Biaya Kuliah Mahasiswa

5.6.  Validasi Pembayaran Kuliah

5.7.  Laporan Keuangan

5.8.  Rekening Kampus

5.9.  Riwayat Transaksi Bank

 

6. ALUMNI

6.1.  Data Alumni

6.2.  Profil Alumni

6.3.  Trace Abilty Wisudawan

 

7. KONTEN

7.1.  Halaman Statis

7.2.  Kategori Berita

7.3.  Berita

7.4.  Link Terkait

7.5.  Web Menu

 

8. SETTING

8.1.  Profil Kampus

8.2.  Pengguna

8.3.  Group Pengguna

 

D. BIAYA INVESTASI

Saat ini Produk Aplikasi SIAKAD online sudah di implementasi oleh kampus AKPER Pelamonia Makassar yang bisa di akses di http://siakad.akperpelamonia.ac.id/ dengan skema investasi sistem pembayaran setiap mahasiswa(i) pada semester berjalan dimana sudah termasuk biaya pengembangan dan masa pemeliharaan sistem.