Aplikasi Elektronik Monitoring dan Evaluasi Berbasis Web  ini akan menjadi salah satu sumber informasi dan sarana penunjang dalam upaya ikut meningkatkan kualitas pengelolaan urusan Pekerjaan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) . Aplikasi ini merupakan bentuk lain dari ”Bank Data” yang fungsinya untuk penyimpanan data dan informasi sifatnya khusus, dalam arti koleksi ataupun informasinya merupakan kumpulan hasil –hasil entry data real, antara lain: 

  1. MONITORING & EVALUASI, terdiri dari :
    1. Program: Output kegiatan, jenis pelaksanaan, bobot kegiatan, nilai kontrak, rencana: kumulatif/tertimbang, sisa anggaran dan validasi data. 
    2. Kegiatan: Kode Rekening, jenis dan sub kegiatan, detail kegiatan, laporan fisik dan keuangan. 
    3. Pelaksanaan: Pelaksana program, pelaksana kegiatan, periode pelaksanaan, pejabat yang bertandatangan, validasi pelaksanaan
  2. DATA CAPAIAN DAN REALISASI KEGIATAN,  Berikut contoh diambil dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, terdiri dari :
    1. Urusan Pekerjaan Umum: Sumber Daya Air, Bina Marga, Cipta Karya (perkotaan dan pedesaan, air minum, air limbah, persampahan, drainase, permukiman, bangunan gedung dan lingkungan) dan jasa konstruksi.
    2. Urusan Penataan Ruang: pengaturan, pembinaan, pembangunan dan pengawasan.

Pembangunan sistem informasi manajemen terpadu berupa aplikasi eMONEV berbasis web site merupakan suatu keharusaan untuk menunjang pengelolaan administrasi seluruh OPD dalam lingkungan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dalam bentuk hasil laporan yang terintengrasi, memiliki standarisasi data yang harus diisi dalam bentuk framework aplikasi web untuk menunjang segala aktifitas proses, fungsional dan operasionalisasi dilapangan.

Dari sisi pengolahan, untuk memudahkan penelusuran data, informasi, sekaligus sebaga alat untuk monitoring dan evaluasi kinerja secara elektronik, sirkulasi data yang harus selalu ditingkatkan antara lain dengan melalui penyempurnaan, updating dengan memberikan tambahan data baru yang berkembang setiap saat secara menyeluruh, sehingga lebih memudahkan level administrator dan operator saat mengakses aplikasi eMONEV berbasis website.

Aplikasi eMONEV berbasis website ini sebagai sumber informasi yang memungkinkan dua aktor utama yaitu admin OPD dan Operator (Unit/Bagian berdasarkan tugas dan fungsi) memperbaharui data melalui sistem yang ada terkait bidang dan sub bidang masing-masing OPD. 

Pembangunan Sistem Informasi Manajemen terpadu berupa aplikasi eMONEV berbasis website diharapkan dapat meningkatkan dan memperkaya layanan data yang dibutuhkan sehingga beberapa laporan yang dihasilkan dapat dikonversi kedalam format file seperti .PDF, Excel (.exl)


Produk Layanan

Belum ada mitra!!